Apresiasi Buku Journalism Online oleh Mike Ward #07

T8/ OJ 2013                                                                                                                       
Setyo Aji Harjanto
210 110 120 312
Apresiasi Buku “Jurnalisme Online”
Karya Mike Ward
I.                    RANGKUMAN
                Dalam jurnalisme online semua unsur media harus mendukung penawaran konten. Jurnalisme online adalah dalam arti luas berarti merangkul pembuatan konten di berbagai jenis (informasi berita) dan pengaturan (komersial serta berita berbasis). Jurnalisme online dibangun dan dijalankan oleh banyak organisasi dan individu , misalnya :
·         Organisasi berita ( misalnya surat kabar , perusahaan televisi dan kantor berita )
·         Organisasi komersial ( misalnya produsen, pengecer dan jasa keuangan )
·         Organisasi pemerintahan nasional dan lokal
·         Tekanan kelompok - orang yang ingin mengubah sesuatu , baik itu di bidang politik , sosial atau ekologis
·         Organisasi non-profit ( misalnya badan amal dan kelompok masyarakat )
·         Jutaan orang , yang menggunakan web untuk menceritakan kepada dunia tentang obsesi mereka , keyakinan dan keinginan .
Proses Jurnalistik secara luas dapat digambarkan sebagai :
·         Mengidentifikasi peristiwa , fakta , pengalaman atau pendapat yang mungkin menarik untuk  pembaca
·         Memperoleh informasi lebih lanjut dan pandangan untuk mengembangkan ide awal dan untuk memverifikasi keakuratan dan relevansi dengan pembaca Anda
·         Memilih apa yang telah Anda kumpulkan, bahan yang paling bernilai dan diminati oleh pembaca , dan
·         Menyajikan  materi dengan akurasi total dan kebenaran dan sebanyak gaya penulisan dan kecerdasan yang Anda kerahkan untuk menginformasikan , merangsang dan atau menghibur pembaca Anda .
·          

Jadi apa yang istimewa dari jurnalisme online ?
                Keempat proses jurnalistik yang tercantum di atas dapat dikelompokkan menjadi dua bagian. Meneliti dan melaporkan—apa yang Anda dapatkan sebagai seorang jurnalis . Yang kedua adalah konstruksi cerita dan penerbitan—apa yang Anda 'kirim'. Tentu saja, ada hal yang bersebrangan di divisi yang sederhana ini.
                Penerapan rinci teknik jurnalisme online akan dijelaskan dalam bab-bab selanjutnya , tetapi berguna di sini untuk singkat secara online beberapa kualitas berpotensi khas dari jurnalisme online , bila diterapkan pada kegiatan jurnalistik inti meneliti dan pelaporan sebagai bhakti sebagai konstruksi cerita dan penerbitan
Meneliti dan pelaporan online
                Ketika meneliti sebuah cerita , Anda mungkin harus memiliki berbagai sumber informasi. Jika Anda tahu di mana dan bagaimana melihat , Anda bisa mendapatkan keuntungan dari berikut ini:
·         Kisaran akses ke sumber—orang,  dokumen, data atau arsip berita
·         Jumlah yang dapat Anda akses—jutaan dokumen , berbagai cerita dan kontak
·         Kecepatan akses
·         Apa yang dapat Anda lakukan dengan informasi ketika Anda memilikinya
·         Kemampuan untuk memasuki perdebatan , diskusi dan keahlian melalui diskusi daftar email atau newsgroup—tetap up to date

Online sebagai media publising
                Proses publikasi media 'lama' cukup kompleks. Penerbitan surat kabar harian adalah bisnis yang rumit, membutuhkan penyesuaian antara berbagai macam aktivitas yang berbeda dari sejumlah besar orang. Penerbitan secara online dapat membuka jalan baru dalam penyebaran informasi dan membangun hubungan yang lebih dinamis dengan pembaca.
Penyebaran informasi
·         Kesegeraan
Dulu dikatakan bahwa radio adalah media yang paling cepat. Di web, berpotensi untuk update berita, showbiz, dan halaman lain secara bersamaan dan berulang-ulang , menit demi menit , untuk memberikan berita terbaru.
·         Banyak halaman
sebuah situs web memiliki ratusan halaman terpisah , terkait satu sama lain, tetapi juga mampu dibaca dan dipahami dalam isolasi .
·         Multimedia
Situs web dapat menawarkan , dengan berbagai media seperti, teks, audio, grafik , animasi grafis , gambar diam dan gambar bergerak . multimedia dapat memberikan beberapa tekstur untuk jurnalisme . Misalnya, Anda dapat mendengar apa yang saksi mata katakan, saat membaca berita.
·         fleksibilitas
Penyedia berita online dapat mengambil informasi dan meletakkannya di sebuah halaman web berita , memasukkannya dalam database yang dapat dicari, atau mengirimkannya ke layar telepon genggam.
·         Pengarsipan
Arsip sangat efektif untuk situs web berita. Saat mereka dewasa, mereka tumbuh menjadi sumber daya yang berguna, bahan yang penting untuk diarsipkan dan dapat dicari kembali.
·         Hubungan dengan pembaca
Web didasarkan pada konsumsi non-linear. Jadi, orang tidak harus pergi dari satu item ke dua lalu ketiga tiga. Ketika memilih cerita yang menarik perhatian mereka, mereka dapat, dan lakukan, pergi dari empat menjadi 36 untuk 15-2 dan seterusnya
·         Interaktivitas
Audiens—didorong untuk konsumsi, ini adalah elemen terpenting dari interaktivitas. Memungkinkan untuk audiens atau konsumen berinteraksi dengan produk/media massa.
·         Linkage
peran tradisional wartawan selanjutnya ditantang oleh kapasitas online untuk menghubungkan pembaca ke situs lain
Proses jurnalisme online memiliki empat tahap:
·         Mengidentifikasi dan menemukan berita dan / atau informasi yang akan menarik dan menarik minat penonton kunci / pembaca,
·         Mengumpulkan semua bahan yang dibutuhkan untuk menceritakan kisah / memberikan informasi,
·         Pilih dari koleksi bahan terbaik, dan
·         Menyajikan materi yang seefektif mungkin.
Apakah Anda menyediakan blok informasi bagi pengguna atau artikel selesai, berikut adalah beberapa saran untuk menjaga pandangan segar :
·         Tanyakan pada diri sendiri apakah Anda tahu bahwa Anda menulis untuk
·         Sebelum Anda memulai cerita apapun, tanyakan pada diri Anda apakah akan melibatkan pembaca
·         Mencoba untuk menutupi tanah baru ( misalnya area topik baru ) setiap minggu
·         Setidaknya sebulan sekali , mencoba sesuatu eksperimental baik dalam bentuk dan isi ( bahkan jika itu adalah dalam waktu Anda sendiri dan tidak untuk dipublikasikan ) dan
·         Mendorong umpan balik dari pembaca Anda
Nilai Berita
·         Pemicu 1—relevansi
Relevansi terpusat pada dua komunitas :
- Masyarakat geografis
-              Komunitas minat
·         Pemicu 2—wahyu
pembaca juga dapat mempertimbangkan sepotong berita jika mengatakan kepada mereka sesuatu yang baru atau setidaknya sesuatu yang mereka tidak tahu sebelumnya .
·         Pemicu 3—gairah
Unik , berita dramatis atau menghibur akan membangkitkan minat pembaca lebih dari biasa.  Kamus Oxford mendefinisikan 'berita' sebagai kabar, baru atau informasi menarik, peristiwa segar melaporkan. Jika Anda mengubah urutan , Anda dekat dengan agen utama informasi berita, tindakan dan kutipan.
Siklus hidup berita
Bagaimana pernah karena berita adalah hewan yang unik , tidak terlalu cerita berjalan melalui setiap tahap siklus hidup
1.       Pratinjau
2.       Acara atau kegiatan berita
3.       Reaksi suatu pengembangan lebih lanjut
4.       Ulang tahun
Sumber berita
Begitu banyak untuk apa adalah berita . Tapi mana asalnya? Apa saja sumber berita ?
·         Mata dan telinga
·         Sumber individu
·         Siaran pers
·         Media lain
·         Newsroom diary
Mengapa wartawan membuang materi kecil, misalnya cerita bahwa:
·         Memiliki sedikit ketertarikan untuk pembaca mereka
·         Telah diberitahu sebelum atau
·         Menunjukkan potensi pengembangan kecil
·         Mengetahui struktur Anda
·         Pandangan perwakilan
·         Yakin
·         Tetap berpikiran terbuka
·         Mendapatkan terorganisir
Wawancara dapat mengambil bentuk sebagai berikut dan mereka semua memiliki aplikasi untuk secara online :
·         Wawancara penelitian
·         Wawancara berbasis teks
·         Wawancara siaran
Jurnalis yang pewawancara dicapai dapat membuatnya tampak seperti hal yang paling alami di kata:
·         Pentingnya persiapan
·         Merencanakan struktur wawancara
·         Keterampilan listenting
·         Mengajukan pertanyaan bodoh
·         Teknik pengamatan dan empati
·         Menyiarkan wawancara
Audio : Perbedaan yang paling nyata dengan audio adalah bahwa penonton benar-benar mendapat mendengar kata-kata yang dibicarakan antara wartawan dan diwawancarai
Gambar                : gambar adalah elemen kunci dari cerita . kita semua tahu nilai tukar - 1000 seharusnya kata minimum
Gambar bergerak : Anda lebih untuk menawarkan gambar diam dari video di situs Anda pada saat ini
Audio editing : Ini terdengar seperti sesuatu yang mungkin Anda lakukan setelah wawancara . Namun , sebenarnya Anda memulai proses editing ketika Anda awal meneliti cerita Anda .
Online adalah media yang sangat cocok untuk bersantai karena pengguna didorong dalam multiaset.
Empat elemen berkumpul
Menggunakan pendekatan bottom-up, kita dapat mengidentifikasi unsur-unsur utama dari penelitian dan laporan dan mempertimbangkan bagaimana penggunaan online dapat mendukung mereka :
1 . mencari informasi
2 . menemukan orang
3 . memeriksa informasi
4 . Menganalisis informasi
Kata dan kalimat
                Langkah pertama untuk menulis efektif tersebar luas , membaca kritis Anda harus membaca banyak surat kabar yang berbeda. Keith Waterhouse, " Setiap kata yang masuk ke cetak harus memiliki sesuatu untuk mengatakan " jadi :
·         Jangan menggunakan kata-kata lebih dari yang Anda butuhkan
·         Menghindari kata-kata panjang jika alternatif yang lebih pendek tersedia
·         Hindari kata dengan comples artinya jika alternatif sederhana tersedia
·         Menggunakan kata-kata dengan jelas, daripada abstrak , yang berarti bila memungkinkan
·         Lebih spesifik daripada menggunakan generalisasi
·         Memberikan kata-kata arti yang benar


II.                  Apresiasi
Buku ini menggambarkan dengan jelas apa itu jurnalisme online, bagaimana jurnalisme online berpengaruh satu dekade belakangan ini, cara penulisan berita di media online, dan bagaimana membuat media online. Dalam buku ini mike ward juga mengatakan, Jurnalisme Online bagaikan gereja yang luas, yang dapat merangkup setiap bagian. Hal tersebut sangatlah benar, tidak hanya tulisan, tapi kita juga bisa mendapatkan gambar diam, maupun gambar bergerak (video).
Seperti yang kita tahu, seorang jurnalis adalah pelaku komunikasi massa, dan komunikasi itu sendiri berlangsung cendrung searah. Namun, dengan adanya media online kini, seperti yang dikatakan ward, media online membangun hubungan yang lebih dinamis dengan pembaca. Berbeda dengan  konsep komunikasi massa dahulu, dimana umpan balik itu bersifat tertunda, bahkan dalam model komunikasi lasswell, Who Says What In Which Channel To Whom With What Effect yang diterapkan dalam komunikasi massa tidak mencantumkan efek didalam salah satu proses komunikasinya. Namun, dengan media online umpan balik bisa langsung dilaksanakan.
Dalam pennulisan berita, jurnalisme online maupun media cetak tidak memiliki banyak perbedaan. Menurut buku Pengantar Ilmu Jurnalistik, penulisan karya jurnalistik harus memiliki 4 karakteristik. Karakteristik-karakteristik itu adalah Akurat, singkat, jelas, dan  sederhana. Senada dengan Ward, dia mengatakan dalam penulisan berita harus memerhatikan beberapa hal diantaranya, Jangan menggunakan kata-kata lebih dari yang Anda butuhkan, Menghindari kata-kata panjang jika alternatif yang lebih pendek tersedia
Perbedaan yang mendasar antara jurnalisme online dengan jurnalisme cetak antara adalah soal aktualitas. Jurnalisme online memang meiliki keunggulan dalam aktualitas, namun seringkali karena mementingkan aktualitas tersebut para jurnalis online mengabaikan EYD. Padahal penulisan berita sesuai EYD adalah hal yang penting, untuk mendidik pembaca agar menggunakan EYD, karena salah satu fungsi pers adalah fungsi edukasi.
Seperti yang dikatakan Kusumaningrat dalam bukunya Jurnalistik, Teori dan Praktik fungsi pertama pers adalah fungsi informatif. Dengan jurnalisme online fungsi informatif dari pers ini sendiri akan lebih meningkat, karena dengan kecepatan yang melebihi media cetak dan media elektronik masyarakat akan lebih cepat tahu mengenai suatu kejadian.
Namun sayangngnya buku ini tidak membahas mengenai kode etik jurnalisme online. Saat ini jurnalisme online masih membutuhkan kode etik agar jurnalisme online dapat dipercaya layaknya jurnalisme media cetak maupun elektronik yang sudah memiliki kode etik terlebih dahulu.

Daftar Pustaka
Ward, Ward.  Jurnalisme Online . 2002. Oxford: Focal Press
Mulkan, Dede, Pengantar Ilmu Jurnalistik.Bandung : Arsad Press, 2013.
Mulyana Deddy, Ilmu Komunikasi,Suatu Pengantar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.

Kusumaningrat Hikmat, dan Kusumaningrat, Purnama, Jurnalistik, Teori dan Praktik, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Orientasi Jurnalistik
Copyright © 2013. AdaApa.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger