T8/ OJ 2013
Setyo
Aji Harjanto
210
110 120 312
Apresiasi Buku “Jurnalisme Online”
Karya Mike Ward
I.
RANGKUMAN
Dalam jurnalisme online semua
unsur media harus mendukung penawaran konten. Jurnalisme online adalah dalam
arti luas berarti merangkul pembuatan konten di berbagai jenis (informasi
berita) dan pengaturan (komersial serta berita berbasis). Jurnalisme online
dibangun dan dijalankan oleh banyak organisasi dan individu , misalnya :
·
Organisasi berita ( misalnya surat kabar ,
perusahaan televisi dan kantor berita )
·
Organisasi komersial ( misalnya produsen,
pengecer dan jasa keuangan )
·
Organisasi pemerintahan nasional dan lokal
·
Tekanan kelompok - orang yang ingin mengubah
sesuatu , baik itu di bidang politik , sosial atau ekologis
·
Organisasi non-profit ( misalnya badan amal dan
kelompok masyarakat )
·
Jutaan orang , yang menggunakan web untuk
menceritakan kepada dunia tentang obsesi mereka , keyakinan dan keinginan .
Proses
Jurnalistik secara luas dapat digambarkan sebagai :
·
Mengidentifikasi peristiwa , fakta , pengalaman
atau pendapat yang mungkin menarik untuk pembaca
·
Memperoleh informasi lebih lanjut dan pandangan
untuk mengembangkan ide awal dan untuk memverifikasi keakuratan dan relevansi
dengan pembaca Anda
·
Memilih apa yang telah Anda kumpulkan, bahan
yang paling bernilai dan diminati oleh pembaca , dan
·
Menyajikan materi dengan akurasi total dan kebenaran dan
sebanyak gaya penulisan dan kecerdasan yang Anda kerahkan untuk menginformasikan
, merangsang dan atau menghibur pembaca Anda .
·
Jadi apa yang istimewa dari jurnalisme
online ?
Keempat proses jurnalistik yang
tercantum di atas dapat dikelompokkan menjadi dua bagian. Meneliti dan melaporkan—apa
yang Anda dapatkan sebagai seorang jurnalis . Yang kedua adalah konstruksi
cerita dan penerbitan—apa yang Anda 'kirim'. Tentu saja, ada hal yang
bersebrangan di divisi yang sederhana ini.
Penerapan rinci teknik
jurnalisme online akan dijelaskan dalam bab-bab selanjutnya , tetapi berguna di
sini untuk singkat secara online beberapa kualitas berpotensi khas dari
jurnalisme online , bila diterapkan pada kegiatan jurnalistik inti meneliti dan
pelaporan sebagai bhakti sebagai konstruksi cerita dan penerbitan
Meneliti dan pelaporan online
Ketika meneliti sebuah cerita ,
Anda mungkin harus memiliki berbagai sumber informasi. Jika Anda tahu di mana
dan bagaimana melihat , Anda bisa mendapatkan keuntungan dari berikut ini:
·
Kisaran akses ke sumber—orang, dokumen, data atau arsip berita
·
Jumlah yang dapat Anda akses—jutaan dokumen ,
berbagai cerita dan kontak
·
Kecepatan akses
·
Apa yang dapat Anda lakukan dengan informasi
ketika Anda memilikinya
·
Kemampuan untuk memasuki perdebatan , diskusi
dan keahlian melalui diskusi daftar email atau newsgroup—tetap up to date
Online sebagai media publising
Proses publikasi media 'lama'
cukup kompleks. Penerbitan surat kabar harian adalah bisnis yang rumit,
membutuhkan penyesuaian antara berbagai macam aktivitas yang berbeda dari
sejumlah besar orang. Penerbitan secara online dapat membuka jalan baru dalam
penyebaran informasi dan membangun hubungan yang lebih dinamis dengan pembaca.
Penyebaran informasi
·
Kesegeraan
Dulu dikatakan bahwa radio adalah media yang paling cepat. Di web, berpotensi
untuk update berita, showbiz, dan halaman lain secara bersamaan dan
berulang-ulang , menit demi menit , untuk memberikan berita terbaru.
·
Banyak halaman
sebuah situs web memiliki ratusan halaman terpisah , terkait satu sama
lain, tetapi juga mampu dibaca dan dipahami dalam isolasi .
·
Multimedia
Situs web dapat menawarkan , dengan berbagai media seperti, teks, audio,
grafik , animasi grafis , gambar diam dan gambar bergerak . multimedia dapat
memberikan beberapa tekstur untuk jurnalisme . Misalnya, Anda dapat mendengar
apa yang saksi mata katakan, saat membaca berita.
·
fleksibilitas
Penyedia berita online dapat mengambil informasi dan meletakkannya di
sebuah halaman web berita , memasukkannya dalam database yang dapat dicari,
atau mengirimkannya ke layar telepon genggam.
·
Pengarsipan
Arsip sangat efektif untuk situs web berita. Saat mereka dewasa, mereka tumbuh
menjadi sumber daya yang berguna, bahan yang penting untuk diarsipkan dan dapat
dicari kembali.
·
Hubungan dengan pembaca
Web didasarkan pada konsumsi non-linear. Jadi, orang tidak harus pergi
dari satu item ke dua lalu ketiga tiga. Ketika memilih cerita yang menarik
perhatian mereka, mereka dapat, dan lakukan, pergi dari empat menjadi 36 untuk
15-2 dan seterusnya
·
Interaktivitas
Audiens—didorong
untuk konsumsi, ini adalah elemen terpenting dari interaktivitas. Memungkinkan
untuk audiens atau konsumen berinteraksi dengan produk/media massa.
·
Linkage
peran tradisional wartawan selanjutnya ditantang oleh kapasitas online
untuk menghubungkan pembaca ke situs lain
Proses jurnalisme online memiliki empat
tahap:
·
Mengidentifikasi dan menemukan berita dan / atau
informasi yang akan menarik dan menarik minat penonton kunci / pembaca,
·
Mengumpulkan semua bahan yang dibutuhkan untuk
menceritakan kisah / memberikan informasi,
·
Pilih dari koleksi bahan terbaik, dan
·
Menyajikan materi yang seefektif mungkin.
Apakah Anda
menyediakan blok informasi bagi pengguna atau artikel selesai, berikut adalah
beberapa saran untuk menjaga pandangan segar :
·
Tanyakan pada diri sendiri apakah Anda tahu
bahwa Anda menulis untuk
·
Sebelum Anda memulai cerita apapun, tanyakan
pada diri Anda apakah akan melibatkan pembaca
·
Mencoba untuk menutupi tanah baru ( misalnya
area topik baru ) setiap minggu
·
Setidaknya sebulan sekali , mencoba sesuatu
eksperimental baik dalam bentuk dan isi ( bahkan jika itu adalah dalam waktu
Anda sendiri dan tidak untuk dipublikasikan ) dan
·
Mendorong umpan balik dari pembaca Anda
Nilai Berita
·
Pemicu 1—relevansi
Relevansi
terpusat pada dua komunitas :
- Masyarakat geografis
- Komunitas minat
·
Pemicu 2—wahyu
pembaca juga dapat mempertimbangkan sepotong berita jika mengatakan
kepada mereka sesuatu yang baru atau setidaknya sesuatu yang mereka tidak tahu
sebelumnya .
·
Pemicu 3—gairah
Unik , berita dramatis atau menghibur akan membangkitkan minat pembaca lebih
dari biasa. Kamus Oxford mendefinisikan
'berita' sebagai kabar, baru atau informasi menarik, peristiwa segar
melaporkan. Jika Anda mengubah urutan , Anda dekat dengan agen utama informasi
berita, tindakan dan kutipan.
Siklus hidup berita
Bagaimana pernah
karena berita adalah hewan yang unik , tidak terlalu cerita berjalan melalui
setiap tahap siklus hidup
1. Pratinjau
2. Acara
atau kegiatan berita
3. Reaksi
suatu pengembangan lebih lanjut
4. Ulang
tahun
Sumber berita
Begitu banyak
untuk apa adalah berita . Tapi mana asalnya? Apa saja sumber berita ?
·
Mata dan telinga
·
Sumber individu
·
Siaran pers
·
Media lain
·
Newsroom diary
Mengapa wartawan
membuang materi kecil, misalnya cerita bahwa:
·
Memiliki sedikit ketertarikan untuk pembaca
mereka
·
Telah diberitahu sebelum atau
·
Menunjukkan potensi pengembangan kecil
·
Mengetahui struktur Anda
·
Pandangan perwakilan
·
Yakin
·
Tetap berpikiran terbuka
·
Mendapatkan terorganisir
Wawancara dapat
mengambil bentuk sebagai berikut dan mereka semua memiliki aplikasi untuk
secara online :
·
Wawancara penelitian
·
Wawancara berbasis teks
·
Wawancara siaran
Jurnalis yang
pewawancara dicapai dapat membuatnya tampak seperti hal yang paling alami di
kata:
·
Pentingnya persiapan
·
Merencanakan struktur wawancara
·
Keterampilan listenting
·
Mengajukan pertanyaan bodoh
·
Teknik pengamatan dan empati
·
Menyiarkan wawancara
Audio : Perbedaan
yang paling nyata dengan audio adalah bahwa penonton benar-benar mendapat
mendengar kata-kata yang dibicarakan antara wartawan dan diwawancarai
Gambar : gambar adalah elemen kunci
dari cerita . kita semua tahu nilai tukar - 1000 seharusnya kata minimum
Gambar bergerak
: Anda lebih untuk menawarkan gambar diam dari video di situs Anda pada saat
ini
Audio editing :
Ini terdengar seperti sesuatu yang mungkin Anda lakukan setelah wawancara .
Namun , sebenarnya Anda memulai proses editing ketika Anda awal meneliti cerita
Anda .
Online adalah
media yang sangat cocok untuk bersantai karena pengguna didorong dalam
multiaset.
Empat elemen berkumpul
Menggunakan
pendekatan bottom-up, kita dapat mengidentifikasi unsur-unsur utama dari
penelitian dan laporan dan mempertimbangkan bagaimana penggunaan online dapat
mendukung mereka :
1 . mencari
informasi
2 . menemukan
orang
3 . memeriksa
informasi
4 . Menganalisis
informasi
Kata dan kalimat
Langkah pertama untuk menulis
efektif tersebar luas , membaca kritis Anda harus membaca banyak surat kabar
yang berbeda. Keith Waterhouse, " Setiap kata yang masuk ke cetak harus
memiliki sesuatu untuk mengatakan " jadi :
·
Jangan menggunakan kata-kata lebih dari yang Anda
butuhkan
·
Menghindari kata-kata panjang jika alternatif
yang lebih pendek tersedia
·
Hindari kata dengan comples artinya jika
alternatif sederhana tersedia
·
Menggunakan kata-kata dengan jelas, daripada
abstrak , yang berarti bila memungkinkan
·
Lebih spesifik daripada menggunakan generalisasi
·
Memberikan kata-kata arti yang benar
II.
Apresiasi
Buku ini menggambarkan dengan jelas apa itu jurnalisme
online, bagaimana jurnalisme online berpengaruh satu dekade belakangan ini,
cara penulisan berita di media online, dan bagaimana membuat media online.
Dalam buku ini mike ward juga mengatakan, Jurnalisme Online bagaikan gereja
yang luas, yang dapat merangkup setiap bagian. Hal tersebut sangatlah benar,
tidak hanya tulisan, tapi kita juga bisa mendapatkan gambar diam, maupun gambar
bergerak (video).
Seperti yang kita tahu, seorang jurnalis adalah pelaku
komunikasi massa, dan komunikasi itu sendiri berlangsung cendrung searah.
Namun, dengan adanya media online kini, seperti yang dikatakan ward, media
online membangun hubungan yang lebih dinamis dengan pembaca. Berbeda
dengan konsep komunikasi massa dahulu,
dimana umpan balik itu bersifat tertunda, bahkan dalam model komunikasi
lasswell, Who Says What In Which Channel
To Whom With What Effect yang diterapkan dalam komunikasi massa tidak
mencantumkan efek didalam salah satu proses komunikasinya. Namun, dengan media
online umpan balik bisa langsung dilaksanakan.
Dalam pennulisan
berita, jurnalisme online maupun media cetak tidak memiliki banyak perbedaan. Menurut
buku Pengantar Ilmu Jurnalistik,
penulisan karya jurnalistik harus memiliki 4 karakteristik.
Karakteristik-karakteristik itu adalah Akurat, singkat, jelas, dan sederhana. Senada dengan Ward, dia mengatakan
dalam penulisan berita harus memerhatikan beberapa hal diantaranya, Jangan
menggunakan kata-kata lebih dari yang Anda butuhkan, Menghindari kata-kata
panjang jika alternatif yang lebih pendek tersedia
Perbedaan yang mendasar antara jurnalisme online
dengan jurnalisme cetak antara adalah soal aktualitas. Jurnalisme online memang
meiliki keunggulan dalam aktualitas, namun seringkali karena mementingkan
aktualitas tersebut para jurnalis online mengabaikan EYD. Padahal penulisan
berita sesuai EYD adalah hal yang penting, untuk mendidik pembaca agar menggunakan
EYD, karena salah satu fungsi pers adalah fungsi edukasi.
Seperti yang dikatakan Kusumaningrat dalam bukunya Jurnalistik, Teori dan Praktik fungsi
pertama pers adalah fungsi informatif. Dengan jurnalisme online fungsi
informatif dari pers ini sendiri akan lebih meningkat, karena dengan kecepatan
yang melebihi media cetak dan media elektronik masyarakat akan lebih cepat tahu
mengenai suatu kejadian.
Namun sayangngnya buku ini tidak membahas mengenai
kode etik jurnalisme online. Saat ini jurnalisme online masih membutuhkan kode
etik agar jurnalisme online dapat dipercaya layaknya jurnalisme media cetak
maupun elektronik yang sudah memiliki kode etik terlebih dahulu.
Daftar Pustaka
Ward, Ward. Jurnalisme Online . 2002. Oxford: Focal Press
Mulkan, Dede, Pengantar Ilmu Jurnalistik.Bandung :
Arsad Press, 2013.
Mulyana Deddy, Ilmu Komunikasi,Suatu Pengantar.
Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Kusumaningrat
Hikmat, dan Kusumaningrat, Purnama, Jurnalistik,
Teori dan Praktik, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010.
Posting Komentar