Social Media Festial 2013: Festival Media 24 Jam Tanpa Henti

Acara Social Media Festival 2013 yang dipadati pengunjung dari berbagai komunitas | Foto: Gabriel Renaldo

Jakarta― Social Media Fest 2013 adalah sebuah ajang bagi beragam pengembang media sosial lokal berkumpul mempromosikan dan menjual keunggulan yang mereka punya. Acara ini diselenggarakan di fX Lifestyle Sudirman, Jakarta dengan tema, ‘Dare to Share’. Selama tiga tahun kebelakang, acara ini rutin dilaksanakan. Dengan kerjasama yang dijalin antara Provetic, Trenologi, dan fX Sudirman serta Hello Motion, acara ini dapat terlaksana dengan partisipan sejumlah 106 komunitas, 37 rekanan media, dan 9 start-ups.

Menurut Shafiq Pontoh (35), Humas Social Media Festival mengatakan alas an acara ini diselenggarakan lagi tahun ini karena masih banyak media social lokal yang belum terekspos oleh pengguna media digital. “Gini deh daripada gitu capek mending yuk kita kumpul bareng-bareng, kita kumpulin semua kita rembuk bareng-bareng kita tunjukan pada dunia pegiat-pegiat social media,” katanya.

Media sosial yang hadir di acara ini antara lain Liputan6.com, Blibli.com, Infokost.net, ID_AyahASI, Indonesia Berkebun, The Museum Project, dan lain-lain. Ada workshop, talkshow, pertunjukan, hingga midnight bazaar. Berbagai sudut di fX Sudirman digarap khusus untuk dijadikan lokasi setiap acara. Mulai dari area f1, f3, area luar ruang (outdoor), hingga SAE Institue di f6.

Hal yang tidak biasa, gelaran tahun ini diadakan selama 24 jam non-stop dan peserta tidak bisa menentukan sendiri jenis kegiatan yang akan dilakukan di Social Media Festival. Jauh-jauh hari, panitia sudah melempar survey kepada public lewat Twitter dan Facebook. Mereka menanyakan mata acara apa yang paling diharapkan di Social Media Festival 2013.

Hasilnya, dari 810 pemilih, jenis acara yang diharapkan paling banyak adalah seni dan kebudayaan, serta seputar dunia atau industry kreatif. Hasil ini lalu dirembukan bersama dengan peserta, lalu ditentukan siapa melaukan kegiatan apa. Hal ini membuat acara ini menjadi audience-generated event. (Gabriel Reynaldo)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Orientasi Jurnalistik
Copyright © 2013. AdaApa.com - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger